Menteri PUPR Siapkan Rumah Instan Sederhana (RISHA) Buat Nelayan

By Admin


nusakini.com Jepara - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melakukan pencanangan pembangunan rumah khusus bagi nelayan di Desa Kedung Malang, Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (16/4/2016). Acara pencanangan ditandai dengan pengencangan baut pada kolom rumah yang menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana (RISHA) hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR. 

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Perindustrian Saleh Husin, Wakil Bupati Jepara Subroto, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin, Kepala Balitbang Arie Setiadi Murwanto, dan Staf Ahli Menteri Bidang Sosial dan Peran Masyarakat Lana Winayati. 

"Pak Bupati mengusulkan sebanyak 200 unit namun tahun ini akan dibangun sebanyak 30 unit dulu. Nantinya aset ini akan dihibahkan kepada Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Jepara," kata Menteri Basuki. 

Rumah nelayan ini dibangun dengan ukuran 58 meter persegi yang terdiri dari dua lantai. Di samping fungsi sebagai rumah juga berfungsi sebagai tempat kerja di lantai bawah. 

RISHA merupakan teknologi membangun rumah sistem pra cetak yang sederhana, cepat dan tahan gempa yang telah diterapkan di berbagai daerah, termasuk di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) sebanyak 10.000 unit sebagai bagian dari rekonstruksi pasca bencana gempa dan tsunami. (ip/mk)