Menteri PUPR: Kekurangan Waduk Salah Satu Kendala Bagi Ketahanan Pangan

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam acara bertajuk “Sudut Istana” tentang Kemajuan Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Studio TVRI, Jakarta, Rabu (13/4/2016) mengatakan, terkait ketahanan pangan, ia menyampaikan bahwa ada lima hal dari segi produksi yang harus dikerjakan untuk kepentingan rakyat, antara lain :

1. Harus tersedianya bibit. 2.Tersedianya pupuk. Kemudian 

3. Cara Tanam

4. Cara penyuluhan

5. Tersedianya air

“Dari lima hal tersebut, Kementerian PUPR bertanggung jawab dalam penyediaan air,” katanya. 

Basuki menjelaskan, Indonesia mempunyai 7,3 juta hektar lahan irigasi namun hanya 11 persen yang terjamin ketersediaan airnya. Hal itu terjadi karena saat ini Indonesia hanya memiliki 230 waduk. “Untuk itu, ke depan kita akan bangun 49 waduk dan menyelesaikan pembangunan 16 waduk yang sebelumnya belum sempat terselesaikan,” jelas Basuki. 

Menurut Basuki, dengan membangun 49 waduk serta menyelesaian pembangunan 16 waduk yang belum terselesaikan dari tahun sebelumnya, minimal 19-20 persen lahan irigasi dapat terjamin ketersediaan airnya. 

"Kalau ada air dari waduk, maka petani dapat menanam dua kali dalam setahun, tapi kalau tidak ada, maka hanya mampu menanam satu kali saja dalam setahun" jelas Basuki. (ip/mk)