Menteri Puan Pastikan Dana Bantuan Bencana Sudah Tersalurkan Melalui BNPB

By Admin


nusakini.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (22/6/2016) memastikan, bantuan dana antisipasi bencana tersalurkan melalui BNPB.

"Kami berikan bantuan dana antisipasi bencana tersebut melalui BNPB, pemerintah sudah memberikan bantuan jaminan hidup," kata Menteri Puan. 

Pihaknya juga telah menyalurkan bantuan berupa logistik yang diperlukan oleh warga tertimpa bencana melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dan BPPD terkait banjir dan longsor yang terjadi di beberapa titik di Jawa Tengah. 

Selain terus berkoordinasi dengan Kemensos dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat. 

"Saya juga sudah bertemu Gubernur menanyakan situasi di sana dan memang sebagian besar dari kejadian yang menimpa itu karena longsor tanah yang disebabkan hujan deras dan masuk ke wilayah rawan longsor," katanya. 

Ia menambahkan, dari laporan terakhir yang ia terima saat ini sebanyak 45 korban meninggal, sebagian besar karena terkena tanah longsor. 

Sedangkan jumlah korban yang hilang masih terus dalam tahap pencarian. 

Terkait dana yang dikucurkan, Puan mengatakan melalui BNPB telah diberikan dana kurang lebih Rp200 juta sampai Rp300 juta dana antisipasi atau dana siap pakai yang akan dikaji terus sesuai kebutuhan setelah daerah rawan bencana dinyatakan aman.(ifm/mk)