nusakini.com--Hari ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur melakukan kunjungan ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (10/11). Kegiatan ini diawali dengan menyaksikan penandatanganan perjanjian teknis kerja sama Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N). 

Penandatanganan dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan Publik melalui suatu simpul pembinaan yang disebut dengan Hub Pelayanan Publik. Dengan pembentukan Hub ini, ada dua kerja sama yang dilakukan yakni pembangunan JIPP dan Implementasi LAPOR! SP4N. 

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Sekda Pemprov Sulawesi Selatan Abdul Latief dan perwakilan GIZ Transformasi akan melakukan penandatanganan dan disaksikan Menteri PANRB Asman Abnur, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Kepala Kerja Sama Pembangunan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Jakarta Rafael Teck. 

Sulawesi Selatan merupakan Provinsi ketiga dibentuknya JIPP setelah Jawa Timur dan Sumatera Selatan. Melalui JIPP ini, diharapkan dapat mendorong transfer pengetahuan inovasi agar lebih banyak lagi inovasi pelayanan publik yang dimunculkan di Sulawesi Selatan. 

Selain itu, Menteri Asman juga akan melakukan kunjungan ke Inovasi Pelayanan Publik di Provinsi Sulawesi Selatan yakni SIMASH-LH Online dari Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Prov Sulsel. Di sini, Menteri akan meninjau peningkatan pelayanan publik melalui Inovasi yang telah dibangun. (p/ab)