Menteri Jonan Tertarik Jajal Mobil Listrik Besutan Gesits

By Admin

nusakini.com--Setelah memberikan kuliah umum di Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya,  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menuju ke halaman gedung dan menghampiri mobil listrik karya mahasiswa ITS Surabaya.  

Menteri Jonan pun langsung menghampiri mobil berwarna merah yang diapit motor listrik di kanan-kirinya. Mengajak Rektor ITS Surabaya, Joni Hermana, Jonan berkeliling halaman gedung rektorat dengan mobil besutan Garansindo Electric Scooter ITS atau yang dikenal dengan sebutan Gesits. 

Usai menjajal mobil listrik, Jonan merekomendasikan kepada Rektor ITS Surabaya untuk segera memproduksi secara massal kendaraan tersebut agar dapat diperjualbelikan secara komersil. "Saya menganjurkan kepada Pak Rektor segera diproduksi secara massal dan dikomersialkan. Karena kalau tidak dijual, kita tidak tahu apa yang harus diperbaiki atau disempurnakan," kata Jonan. 

Rencananya, mobil listrik Gesits akan dilaunching secara komersil bertepatan dengan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2018 nanti. 

Sebelumnya, pada Oktober 2017, tim Gesits pernah berkunjung ke kantor Kementerian ESDM untuk mendapatkan dukungan dan arahan dari Menteri ESDM terkait regulasi Pemerintah dalam upaya perlindungan industri lokal, khususnya pada industri kendaraan bermotor listrik terhadap gencarnya penetrasi impor. 

Mobil Gesits dirancang menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 kilometer (km). Selain itu, mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 180 km per jam dengan pendistribusian berat yang jauh lebih stabil.(p/ab)