Menteri Jonan: Kalau Pelabuhan Enggak Mau Pakai Sistem Online, Harus Dipaksa

By Admin


nusakini.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, akan memaksa semua operator moda transportasi menggunakan sistem penjualan tiket secara online.

"Sistem teknologi online atau sejenisnya untuk memperlancar efisiensi pelayanan. Nanti setelah operasi Idul Fitri saya bikin Permen (Peraturan Menteri) supaya memaksa semua operator transportasi bisa menggunakan sistem pelayanan online atau sejenis," ucap Jonan saat meninjau penjualan tiket di rest area 68 Tol Tanggerang-Merak, Minggu (3/7/2016). 

Jonan mencontohkan, penjualan tiket online bisa meniru sistem yang sudah digunakan di PT KAI. 

"Harusnya memang pelabuhan penyeberangan, misalnya Merak-Bakaheuni atau Ketapang-Gilimanuk, itu terapkan sistem online. Kalau enggak mau, ya dipaksalah kira-kira 3-6 bulan diuji coba bisa," papar Jonan. 

Menurut Jonan, jika sudah diberlakukan sistem pembelian tiket secara online, maka tidak akan ada lagi penumpukan penumpang di terminal atau pelabuhan. Sistem ini akan menguntungkan bagi masyarakat sehingga efisien. 

"Bayangkan saja kalau tidak menggunakan ini (online) orang dari jauh pedalaman kalimatan 100 km ke pelabuhan beli tiket nunggu. Dapatnya kapan pak empat hari lagi tidur di situ dia. Akhirnya penumpukan berantakan dia," tambah Jonan.(ifm/mk)