Menteri Basuki Minta BTN Realisasikan Kredit Mikro Perumahan Pekerja Informal

By Admin

nusakini.com-- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Bank Tabungan Negara (BTN) untuk segera merealisasikan Kredit Mikro Perumahan untuk masyarakat yang bekerja di sektor informal. Dirinya berharap dengan Kredit Mikro Perumahan tersebut masyarakat bisa lebih mudah untuk memiliki rumah bersubsidi pemerintah dan mendorong pemerataan pembangunan perumahan di Indonesia. 

"Saya berharap Kredit Mikro Perumahan bagi masyarakat yang bekerja di sektor informal bisa segera direalisasikan oleh Bank BTN," ujar Menteri PUPR saat membuka Indonesia Property Expo 2017 yang diselenggarakan oleh Bank BTN di JCC, Jakarta, Sabtu (11/2). 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan Sudjono, Irjen Kementerian PUPR Rildo Ananda Anwar, Dirut PPDPP Budi Hartono dan Dirut BTN Maryono. 

Basuki menuturkan, dirinya berharap launching Kredit Mikro Perumahan tersebut bisa segera dilaksanakan pada akhir Februari 2017 mendatang. Dengan demikian masyarakat bisa segera memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memiliki rumah impiannya dengan harga yang terjangkau dan mendapatkan subsidi dari pemerintah sekaligus mensukseskan Program Satu Juta Rumah. 

"Masih banyak masyarakat Indonesia yang bekerja di sektor informal tapi mereka memiliki kemampuan untuk membayar cicilan rumah. Adanya kemudahan fasilitas kredit dari BTN tentu akan membuat mereka segera memiliki rumah," tandasnya. 

Lebih lanjut Basuki juga mengucapkan selamat Ulang Tahun ke 67 untuk Bank BTN. Pemerintah khususnya Kementerian PUPR tetap berharap kepada BTN untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat baik MBR dan non MBR di sektor perumahan di Indonesia. 

"Dirgahayu Bank BTN ke 67 tahun. Semoga semakin dewasa dan lebih fokus untuk melayani masyarakat di bidang perumahan. Sukses untuk penyelenggaraan pameran perumahannya dan mencapai target yang diinginkan," harapnya.  

Sementara itu Dirut BTN Maryono menegaskan BTN sebagai bank yang memang bergerak di pembiayaan perumahan akan terus mendukung program perumahan yang dilaksanakan pemerintah. BTN juga akan berusaha agar masyarakat bisa memanfaatkan Kredit Mikro Perumahan apalagi kebutuhan rumah di Indonesia terus meningkat. 

Salah satu upaya untuk memberikan akses perumahan kepada masyarakat, imbuhnya, adalah melalui penyelenggaraam pameran perumahan. Sebagai rangkaian perayaan ulang tahun ke 67 Bank BTN mengadakan pameran Indonesia Property Expo 2017 mulai 11 - 19 Februari 2017 di JCC, Jakarta. 

Pameran ini diikuti 120 pengembang perumahan non subsidi dan 100 pengembang perumahan bersubsidi. Sekitar 700 proyek properti mulai dari apartemen, kondotel, pergudangan, perumahan dan pertokoan yang ada di lokasi - lokasi strategis ada di pameran ini. 

Dalam pameran ini BTN bekerjasama dengan Kementerian PUPR dan REI, menawarkan berbagai promosi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti bunga murah 4,67 persen fixed 1 tahun untum KPR non subsidi, bunga 5 persen untuk KPR bersubsidi. Selain itu uang muka ringan hanya 5 persen untuk KPR non subsidi dan 1 persen untuk KPR bersubsidi. 

"Kami berharap masyarakat bisa meramaikan kegiatan ini dan memanfaatkan fasilitas pembiayaan yang diberikan oleh BTN," katanya.(p/ab)