Menteri Basuki Kunjungi Kebun Raya Samosir

By Admin

nusakini.com--Dalam kunjungan ke Sumatera Utara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengunjungi Kebun Raya Samosir, Minggu (21/8). Kebun Raya Samosir memiliki luas 100 hektar dan merupakan kebun raya daerah dengan fungsi arboretum, karena sudah ada koleksi yang dikonservasi.  

Dalam pengembangan Kebun Raya Samosir sudah dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara LIPI dan Pemerintah Kabupaten Samosir, serta masterplan sudah disusun pada 2008. Prasarana dan sarana yang sudah tersedia diantaranya kantor pengelola, pembibitan, jalan lingkungan dan embung Aek Natonang.  

Kementerian PUPR mendukung pengembangan kebun raya tersebut dengan melakukan peningkatan dan rehabilitasi Embung Aek Natonang tahun ini, dengan anggaran Rp 9,8 miliar dan progres fisik telah mencapai 26,3 persen.  

Disamping itu juga dilakukan penanganan Embung Hairi Gorat berkapasitas 70.000 meter kubik. Penanganan yang dilakukan pada 2016 yakni rehabilitasi dan peningkatan embung dengan anggaran Rp 2,9 miliar dengan progres fisik mencapi 80,1 persen. (p/ab)