Menteri Basuki: Ada Beberapa Hal yang Baru Terkait Arus Mudik 2016 Ini

By Admin


nusakini.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, saat acara buka puasa bersama dengan wartawan di Kantor Kementerian PUPR, Selasa (28/6/2016 ) mengatakan, ada beberapa hal yang baru pada tahun ini, terkait dengan jalur mudik, yaitu:

- Penambahan beberapa ruas tol diantaranya Pejagan-Brebes Timur, Surabaya-Mojokerto dan Kertosono-Mojokerto yang beroperasi penuh. 

- Kemudian Bawen-Salatiga dan Solo-Kertosono yang beroperasi secara fungsional. 

- Untuk memperlancar arus jalan di jalan tol juga telah dilakukan integrasi sistem pembayaran tol untuk ruas tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Cipularang dan Purbaleunyi. Contohnya: dari Jakarta sampai Brebes Timur, semula ada tujuh gerbang tol menjadi tiga yaitu di Cikarang Utama, Palimanan dan Brebes Timur. 

- Jalan nasional juga ada lingkar Sumpiuh yang biasanya terjadi kemacetan disana akibat perlintasan rel kereta api. 

- Selain jalan yang sudah siap, ada juga beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khusus, seperti Jembatan Sipait yang saat ini masih dalam proses pengerjaan dan dikhawatirkan menjadi salah satu titik penyebab kemacetan apabila belum dapat dilalui. 

- Kemudian hal lain yang menjadi perhatian di jalur mudik kali ini adalah terjadinya banjir rob di Semarang Jawa Tengah, tepatnya di Kaligawe. Untuk menangani banjir rob tersebut, Kementerian PUPR telah melakukan antisipasi sementara dengan menyiapkan 17 pompa. 

“BMKG memprediksikan pada 6 Juli nanti terjadi rob tertinggi, bahkan lebih tinggi dari banjir rob yang ada saat ini, makanya kita siapkan 17 pompa disana, 7 dari Jakarta, 2 dari Surabaya, 2 dari Solo dan sisanya dari Semarang,” tutup Basuki.(ifm/mk)