Menteri Asman Beri Target Kabupaten Dairi Raih Nilai B

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur melakukan audiensi bersama Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang beserta seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkab Dairi, Jumat  (28/4). Dalam kegiatan tersebut Menteri Asman berpesan agar kepala daerah dalam hal ini Bupati Dairi dapat membuat inovasi pelayanan publik. 

Karena memang salah satu kunci kemajuan sebuah daerah terlihat dari inovasi pelayanan publik yang dibuat oleh daerah itu sendiri. Dengan inovasi yang memberi kemudahan pelayanan pada masyarakat dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan secara tidak langsung dapat membawa daerah tersebut menjadi semakin maju. 

"Sehebat apapun kepala daerah, kepala dinas dan ASN kalau tidak ada inovasi percuma, karena salah satu kunci kemajuan daerah terlihat dari inovasi yang diciptakan, serta Sejauh mana inovasi pelaynan tersebut berguna untuk masyarakat," ujarnya. 

Selain itu dirinya juga berpesan agar nilai akuntabilitas Kabupaten Dairi dapat lebih ditingkatkan, dari yang sebelumnya C menjadi minimal B. Seperti yang dipesankan juga oleh presiden Joko Widodo yang ingin anggaran harus jelas hasilnya, jangan sampai anggaran terseap namun hasilnya tidak ada. 

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden bahwa jangan hanya banyak program namun harus fokus, hasil dati terserapnya anggaran harus ada, jangan sampai anggaran terserap tapi hasilnya tidak ada," katanya. 

Selanjutnya menteri Asman pun berharap agar apa yang menjadi potensi di Kabupaten Dairi terus dikembangkan sehingga dapat menarik wisatawan serta mendatangkan devisa. Seperti kopi dan buah jeruk, apabila dikelola dengn baik maka dapat menjadi sebuah icon dari Kabupaten Dairi. 

Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang menjelaskan bahwa sesuai dengan moto pemkab Dairi yaitu bekerja untuk rakyat pihaknya terus berupaya memperbaiki kualitas pelayanan publik. Dirinya menyampaikan bahwa moto tersebut bukan hanya slogan semata melainkan untuk diterapkan sehingga masyarakat merasakan dampaknya. 

Ia pun berharap dengan kehadiran Menteri PANRB bersama rombongan dapat memberi inspirasi bagi para ASN dalam memperbaiki kinerja dan meningkatkan mutu pelayanan publik. (p/ab)