Menteri Amran: Kita Mampu Penuhi Kebutuhan Bawang Merah Kita Sendiri, Jangan Biasakan Mengatakan Harus Impor

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Perum Bulog, Sabtu (14/5/2016), melepas bawang merah berkualitas dari, oleh Menteri Pertanian (Mentan) untuk di supply ke Jakarta.

Adapun bawang merah Nganjuk tersebut sebanyak 20 truk pengangkut bawang merah, dengan total kurang lebih 200 ton. 

Kementan bersama Perum Bulog membeli langsung dari petani Nganjuk dengan harga bawang merah tersebut Rp 20 Ribu/kg. Kemudian bawang merah akan dijual ke konsumen di area Jakarta, dengan harga jual Rp 23 ribu - Rp 25 ribu/ kg. 

Mentan Andi Amran Sulaiman, di Nganjuk Jawa Timur, Sabtu (15/5/2016) mengatakan, hasil produksi dari kabupaten Nganjuk dapat memenuhi kebutuhan nasional selama satu bulan. 

Andi Amran menjelaskan, bahwa Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, memiliki hamparan bawang merah sebanyak 11.000 ha dgn dengan produksititas 10 ton per ha, sehingga akan menghasilkan total 110.000 ton. 

"Pada 2015 bawang merah mampu diekspor dgn kenaikan mencapai 100 persen", jelas Andi Amran. 

Oleh karena itu, diharapkan pada tahun 2016 ini, ekspor bawang merah dapat mencapai peningkatan ekspor sebanyak 300 persen. Selain di Nganjuk, lanjut Andi Amran, daerah lain seperti Brebes, Bima, Malang, Probolinggo & sentra sentra produksi bawang merah lainnya, jelas sudah menjadi andalan produksi nasional saat ini. 

"Kita mampu penuhi kebutuhan bawang merah kita sendiri di Indonesia ini, jangan biasakan mengatakan harus impor", tegas Andi Amran. (if/mk)