Mentan Targetkan Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia di 2045

By Admin

Foto/Net  

nusakini.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi pertanian dari petani lokal. Ini sejalan dengan target untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045 mendatang.

Hal ini diungkapkan Mentan Amran saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Padjajaran, Bandung, Senin (15/5/2017).

"Kementerian Pertanian terus mengupayakan peningkatan produksi pertanian dari para petani di Indonesia. Tahun 2045 target kita Indonesia jadi lumbung pangan dunia," ujar Mentan.

Menurutnya, salah satu upaya untuk menuju target tersebut yakni dengan meningkatkan indeks pertanaman dan produktivitas dengan teknologi. Untuk upaya peningkatan produksi pertanian yakni dengan memberikan benih unggul kepada para petani.

"Indonesia memiliki peluang besar meningkatkan produksi pertaniannya. Bahkan tidak hanya mencukupi kebutuhan dalam negeri tapi berpeluang menjadi pengekspor. Tahun 2018 sampai 2021 kami menargetkan swasembada pangan dengan peningkatan produksi di atas lima persen," katanya.

Selain itu, kata Amran, pihaknya juga menerapkan kebijakan ketat kepada pemerintah daerah. Jika produksi pangannya tidak sesuai target, pihaknya akan menghentikan bantuan untuk pemerintah daerah.

"Bupati seluruh Indonesia kami beri bantuan dengan pupuk Rp 70 triliun. Kalau tidak meningkat kami cabut anggarannya. Tahun lalu ada 10 kabupaten tidak kami beri anggaran. Akhirnya, mereka berlomba-lomba menaikan produksi," tegasnya.

Lebih lanjut, Amran mengungkapkan, Kementerian Pertanian akan mengupayakan untuk memanfaatkan lahan tidur yang tidak termanfaatkan di berbagai daerah.

"Berdasarkan data tercatat ada 11,68 juta hektar lahan tidur di Indonesia. Dengan upaya itu secara bertahap, kita yakin Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 mendatang," ujarnya.(b/mk)