Mentan Nilai Ibu Rumah Tangga Punya Potensi Besar Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

By Admin


nusakini.comMenteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak masyarakat khususnya ibu rumah tangga mewujudkan ketahanan pangan nasional. Menurutnya, ketahanan pangan nasional selalu berkaitan dengan dapur. 

Bila seluruh ibu rumah tangga menanam kebutuhan dapur sendiri di rumah seperti cabai dan tomat, Amran yakin persoalan harga cabai yang meningkat tajam seperti beberapa waktu lalu tidak terjadi lagi.

"Salah satu cara paling rasional memenuhi permintaan cabai yakni dengan meminta masyarakat menanam di rumah, khususnya ibu-ibu," ujar Amran dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/1/2016).

Menurutnya, hal serupa selalu disampaikan dalam setiap kunjungan ke daerah-daerah. Salah satunya dalam pertemuan dengan warga Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara pada Kamis kemarin (12/1/2017).

Lebih lanjut, Amran jelaskan, ibu-ibu rumah tangga memiliki potensi besar mewujudkan ketahanan pangan nasional. Salah satunya dengan menerapkan sistem mandiri dalam memenuhi kebutuhan dapur. Selain itu juga menghasilkan produk organik rumah tangga tanpa pestisida.

"Ibu-ibu mempunyai potensi besar mewujudkan ketahanan pangan nasional," jelasnya.

Amran mengaku telah mempersiapkan sejumlah program agar para ibu rumah tangga khususnya yang bergabung dalam PKK Dharma Wanita. Diantaranya dengan mencanangkan Gerakan Tanam Cabai Nasional yang ditandai dengan membagikan 10 juta bibit cabai ke seluruh Indonesia.

"Kami menyayangi ibu-ibu, karena kami bapak-bapak sadar tidak mungkin ada bapak-bapak hebat tanpa ibu-ibu yang hebat," paparnya.

Terkait upaya menggerakkan potensi ibu rumah tangga, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono menambahkan bahwa pihaknya membagikan bibit cabai berusia 60 hari yang telah dibungkus plastik polybag.

"September, Oktober, November saya sudah kasih 280 ribu pohon. Itu di Jabodetabek," terangnya. (p/mk)