Mentan Buka ‘Gelar Pangan Murah Berkualitas’ dan Launching ‘Toko Tani Indonesia’ di Makassar

By Admin


nusakini.com - Dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) khususnya Idul Fitri 1437 H/2016 ini, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Mapolda Sulsel dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menggelar kegiatan pasar murah yang dikemas dalam sebuah kegiatan bertajuk Gelar Pangan Murah Berkualitas dan Launching Toko Tani Indonesia bertempat di lapangan upacara Mapolda Sulsel, minggu 3 Juli 2016.

Acara ini dilaksanakan terkait kunjungan kerja Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Amran Sulaiman, MP di Provinsi Sulawesi Selatan beberapa hari sebelum memasuki Idul Fitri 1 Syawal 1437 H. Acara ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk rasa syukur atas keberhasilan semua stakeholder terkait di daerah ini dalam upaya memantapkan terwujudnya kemandirian, kedaulatan, dan ketahanan pangan nasional. 


Turut hadir dalam acara antara lain Gubernur Sulawesi Selatan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH, MSi., Kapolda Sulsel, Pangdam VII/WRB, Walikota Makassar, sejumlah pejabat Kementerian Pertanian, pejabat SKPD Pemprov Sulsel, Pelaku Usaha Pangan (BUMN/Swasta/Petani/Gapoktan) dengan melibatkan sedikitnya 3.000 orang anggota masyarakat dalam wilayah Kota Makassar. 


Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan yang ditemui sesaat sebelum acara berlangsung mengatakan bahwa dalam Gelar Pangan Murah Berkualitas ini telah disiapkan berbagai jenis produk pangan berkualitas baik, namun harganya lebih murah dibanding yang ada dipasaran saat ini. Sebagai contoh pasokan beras dari Gapoktan Toko Tani Indonesia dijual dengan harga Rp 7.500/kg, dari berbagai distributor pangan menjual gula pasir dengan harga Rp 12.500/kg, minyak goreng Rp 10.000/ltr, cabai merah Rp 20.000/kg, bawang merah Rp 25.000/kg, daging ayam broiler Rp 30.000/ekor, daging sapi beku Rp 75.000/kg, daging sapi segar Rp 79.000/kg, serta berbagai jenis produk pangan lainnya (segar dan olahan) yang menjadi kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri. 


Sebelumnya, minggu pagi Mentan didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Dr. Gardjita Budi menyempatkan diri melakukan sidak di Pasar Terong Makassar dan mengunjungi salah satu model Toko Tani Indonesia (TTI) yang berlokasi di kawasan pemukiman penduduk di Jalan Perintis Kemerdekaan Tamalanrea Makassar.(sul