Mentan-BPK Sepakat Awasi Pupuk Bersubsidi

By Admin

Foto: Humas Kementan  

nusakini.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan pertemuan dengan Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI), Prof. Rizal Dzalil di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (30/1/2017).

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Kementerian Pertanian, pertanian.go.id, pertemuan ini antara lain membahas pengawasan pupuk subsidi karena program pangan yang menjadi salah satu program fokus Presiden Jokowi dalam rangka mensejahterakan petanI, dimana pupuk subsidi merupakan komponen produksi penting dan strategis.

Rizal Dzalil menjelaskan bahwa pupuk subsidi dalam program pangan yang menjadi fokus perhatian yakni terkait pupuk subsidi. Implementasi distribusi pupuk subsidi harus dapat dijamin efektif untuk petani secara tepat guna dan tepat sasaran. Hakekat subsidi pupuk adalah petani yang membutuhkan pupuk subsidi benar-benar mendapatkan haknya.

"Saya dengan pak Menteri tadi berbicara tentang pangan dan khusus pupuk subsidi. Kami mendiskusikan bagaimana program ini betul-betul dapat memenuhi kebutuhan petani yang bertani di lapangan yang menjadi tepat guna dan tepat sasaran, serta dapat dicapai ketahanan pangan yang berkelanjutan. Karena itulah, harapan Presiden supaya petani yang membutuhkan pupuk subsidi, betul-betul mendapatkan haknya. Diskusi ini berjalan lancar, mudah-mudahan sesuai yang diharapkan kita” ujar Rizal. (p/mk)