Mentan Amran Pimpin Rakor Perbenihan Perkebunan Sulsel

By Admin

nusakini.com--Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Ir. H. Agus Arifin Nu'mang, MS menghadiri acara rapat koordinasi perbenihan perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Sermani Kabupaten Wajo, Kamis (7/9). 

Adapun rapat ini dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengangkat tema "Menuju Kebangkitan Rempah Nasional di Wilayah Sulawesi-Selatan". 

Menurut Amran sebanyak Rp300 miliar anggaran akan dialokasikan di Sulsel untuk perbenihan perkebunan. Di Sulsel terdapat 14 kabupaten yang masuk lingkup wilayah penghasil rempah. 

Selain Wagub, hadir juga empat bupati di Sulsel, diantaranya, Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru, Bupati Soppeng Kazwadi Razak, Bupati Luwu Utara Indah Puteri Indriani dan Bupati Enrekang Muslimin Bando. Para Kepala Dinas di 14 wilayah rempah di Sulsel juga hadir. 

Amran mengatakan akan mencetak sejarah baru kebangkitan rempah Indonesia dari Sulawesi Selatan. 

"Sejarah akan dicetak, jangan ada salah bibit. Lima tahun kedepan Indonesia akan lebih jaya melalui kebangkitan rempah nasional dari Sulsel," kata Amran. 

Dia meminta tidak ada tanah kosong di 14 wilayah rempah. Setiap jenis rempah dikondisikan dengan jenis tanah atau lahan tumbuh. Untuk kopi misalnya akan ditanam di Tana Toraja. (p/ab)