Mentan Amran ; Buktikan Panen disaat Paceklik

By Admin

nusakini.com--Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menekankan hal tersebut, kepada seluruh jajaran pimpinan lingkup kementerian pertanian, saat melantik 4 pejabat tinggi pratama, lingkup kementan hari ini 03/08/2018, di jakarta. Agustus dan September, puncak dari musim kering tahun ini. 

Andi Amran Sulaiman mewanti-wanti seluruh pejabat lingkup kementan, khususnya pejabat teknis  yang bertanggung jawab untuk produksi  agar membentuk "Posko" penanganan dampak kekeringan rahun 2018. "Kita sudah melewati, masa-masa sulit dan membuktikan dalam 3 tahun, kita bisa menghilangkan paradigma "Paceklik" di sektor pertanian bahkan El Nino dengan tinggkat yang tertinggi sudah kita lewati," tegas Mentan.

Mentan meminta Sekretaris Jenderal Kementan, Dirjen Tanaman Pangan, Ditjen PSP dan seluruh penanggung jawab LTT, agar jangan lengah. "target kita 1,2 juta ton, bulan Agustus dan september, harus tercapai, agar di bulan Nopember hingga Januari 2019, tidak ada kata paceklik," papar Mentan.

Mentan juga berbangga dan mengapresiasi jajaran Ditjen. Hortikultura yang membuktikan stabilitas produksi, hingga dapat kembali melakukan ekspor bawang merah,bulan ini sebanyak 5600 ton, ke Thailand, Vietnam, Malaysia dan Singapura. "Terimakasih Pak Suwandi (Dirjen Hortikultura), tingkatkan terus kerja-kerja-kerja."

Empat Pejabat Tinggi Pratama, Lingkup Kementerian Pertanian yang dilantik mentan hari ini adalah Tin Latifah, SP, M.Si, sebagai Inspektur I. Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, Ir. Gatut Sumbogojati, MM, sebagai Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Tanaman Pangan, Ditjen. Tanaman Pangan, drh. Agung Suganda, M.Si, sebagai Kepala Pusat Verteriner dan Farma, Direktorat Jenderal PKH Kementan dan Dr. Ir. Priatna Sasmita, M.Si, sebagai Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Badan Litbang Kementan.  

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, pada akhir sambutannya, meminta semua jajaran pimpinan lingkup kementan, agar fokus bekerja." Pemerintah sedang menghadapi tantangan besar pada rahun-tahun mendatang, jangan lengah fokus," pungkas Mentan.(p/eg)