Mensos Khofifah Pastikan Dana Bansos PKH Utuh

By Admin

nusakini.com--Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) akan diberikan utuh tanpa dipotong.

Dalam dialog publik di kantor Bupati Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu, Khofifah menanyakan kepada peserta "Bimbingan dan Pemantapan Program Keluarga Harapan Kabupaten Pekalongan" terkait dana yang didapat dan digunakan oleh warga.


"Uangnya ada yang motong atau tidak? Jangan karena ada menteri bilang tidak," ujar Khofifah kepada peserta PKH di Pekalongan yang disambut koor ungkapan peserta dengan "Tidaaakk....".

Mensos mengingatkan bahwa PKH dimanfaatkan untuk pembiayaan keperluan sekolah dan peningkatan gizi anak dan ibu hamil. Keluarga yang terbukti menyalahgunakan dana bantuan untuk keperluan lain maka pemberian dana PKH selanjutnya akan dipotong.

Syarat pemberian PKH untuk anak sekolah diharuskan absensinya di atas 85 persen, sementara bagi ibu hamil harus melakukan cek kesehatan secara rutin.

Bagi keluarga yang mendapatkan dana PKH tidak sesuai dengan yang seharusnya diterima, lanjut Khofifah, pendamping PKH harus bertanggung jawab. "Pernah di satu tempat saya tanya (apa ada yang menerima dana tidak sesuai), ada bu saya dipotong sekian, langsung saya tanya pendampingnya dan minta diganti saat itu juga," kata dia.(p/ab)