Menpora Harap IBL Sebagai Awal Persiapan Menuju Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

By Abdi Satria


nusakini.com-Semarang-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung kejuaraan Indonesian Basketball League (IBL) di GOR Sahabat, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/1). Kompetisi bergengsi di tanah air ini diharap bisa menjadi salah satu awal untuk persiapan tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 mendatang.  

“Kami terus mendukung upaya untuk memajukan basket di Indonesia. Apa yang dilakukan hari ini adalah suatu persiapan. Kami mendukung Perbasi dan IBL, karena kita akan menjadi tuan rumah pelaksanaan kejuaraan bola basket FIBA World Cup 2023,” kata Menpora.  

Dijelaskan Menpora, Indonesian Basketball League juga menjadi bagian dari sasaran untuk persiapan Tim Nasional Indonesia Bola Basket. Ini bisa dimanfaatkan untuk terus mengasah kemampuan dan mental bertanding. Menpora berharap, masyarakat Indonesia bisa terus mendukung.  

“Saya harap masyarakat bisa terus mendukung tim. Animo masyarakat juga saya harap seperti ini, terus ramai. Dengan adanya turnamen maupun kejuaraan, ini bisa meningkatkan kualitas,” ujar Menpora. “Saya pernah lihat timnas, saya nonton di SEA Games. Saya harap tim semakin stabil. Karena kan kita akan menjadi tuan rumah,” tambah Menpora. 

Dalam kesempatan ini, Menpora menyaksikan secara langsung pertandingan antara tim Satria Muda Pertamina melawan NSH Jakarta Basketball. Dalam laga yang berlangsung ketat ini, Satria Muda Pertamina berhasil menang dengan skor 69-59.  

Sebelumnya, pertandingan lain mempertemukan tim Louvre Surabaya kontra Bima Perkasa Yogyakarta. Louvre berhasil menutup pertandingan dengan skor 81-71. IBL 2020 diramaikan oleh 10 tim yang bertanding. Hadir pada kesempatan ini, sejumlah pejabat dari Pemprov Jawa Tengah, Pemkot Semarang, Ketua Koni Jawa Tengah Soebroto, dan Ketua PP Perbasi Danny Kosasih. (p/ab)