Menpora Akan Minta Laporan BOPI Terkait Persiapan Kick Off Liga I yang Bergulir 15 Mei

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menetapkan jadwal kickoff Liga 1 2019 pada 15 Mei mendatang. LIB pun sudah mengajukan surat rekomendasi kepada Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) secara langsung. Terkait hal itu, Menpora akan meminta laporan dari BOPI tetang penyelenggaraan Liga 1 ini.

“Kami akan meminta laporan dari BOPI tentang persyaratan yang sudah dipenuhi oleh operator. Penyelenggaraan Liga 1 ini harus belajar dari tahun kemaren, dimana ada kelemahan-kelemahan tentang status klub ataupun kewajiban finansial,” kata Menpora usai melakukan sidak di Gedung PPITKON, Jakarta, Kamis (9/5).

Menurutnya, yang pasti ini kesempatan baik bagi PSSI untk mendorong operator agar klub-klub yang terlibat nanti betul-betul professional tidak ada lagi hambatan-hambatan administratif, tidak ada lagi masalah finansial yang pada akhirnya menyebabkan gaji terlambat.

“Ini masih ada waktu dari PT LIB untuk menyelesaikan semuanya. Karena ini bukan menyangkut semata-mata pemenuhan kewajiban oleh pemerintah tapi seseunguhnya untjuk mereka sendiri agar mereka lebih profesional. Karena persyaratan dari statuta FIFA harus profesional, " jelasnya.  

  “Kalau nanti ada pelanggaran lagi, PT. LIB harus tegas, karena klasifikasi sanksi PT, LIB yang tahu. Kalau BOPI menurut saya melihat secara keseluruhan prasyarat yang di penuhi," tambahnya. (p/ab)