Menlu RI Temui Menlu Malaysia Bahas Penculikan Nelayan WNI

By Admin


nusakini.com--Menteri Luar Negeri Indonesia , Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Malaysia, Dato' Sri Anifah Aman, di Kuala Lumpur, Senin (7/11). 

Dalam pertemuan tersebut Menlu RI menyampaikan keprihatinan yang mendalam terhadap terulangnya kejadian penculikan nelayan WNI di perairan Malaysia.

Menlu RI juga meminta perhatian khusus pihak Malaysia terhadap keamanan sekitar 6.000 WNI yang bekerja secara legal di kapal-kapal penangkap ikan Malaysia di sekitar perairan Sabah.  

Menlu RI juga menyampaikan kepada Menlu Malaysia bahwa paska implementasi Perjanjian Trilateral, tidak ada lagi penculikan/penyanderaan WNI di Perairan Sulu. Namun sejak Juli 2016, lokasi penyanderaan bergeser ke perairan Malaysia dekat perbatasan dengan Filipina yang lokasinya berada diluar koridor yang telah disepakati.  

Menlu Malaysia menyampaikan dapat memahami keprihatinan Indonesia. Malaysia juga memiliki keprihatinan yang sama. Malaysia sepakat memperkuat kerjasama dengan Indonesia dan Filipina untuk mencegah hal serupa terjadi lagi mendatang.(p/ab)