Menlu RI Ajak Para Menlu ASEAN untuk mengunjungi dan bertemu di Gedung Baru Sekretariat ASEAN

By Admin

nusakini.com-- "Para Menlu ASEAN diharapkan dapat berkunjung dan mengadakan pertemuan di gedung baru ASEAN nantinya.” Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN mewakili Menlu RI pada Pertemuan ke-21 Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council/ACC) di Singapura.

Apabila ajakan Menlu RI tersebut terlaksana maka pertemuan tersebut akan menjadi pertemuan pertama tingkat menteri di Sekretariat ASEAN. 

Pembangunan Gedung Sekretariat ASEAN yang baru memperoleh apresiasi dari negara-negara anggota ASEAN. Para Menteri ASEAN mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia atas kontribusi tersebut. Indonesia mengharapkan Sekretariat dapat bekerja lebih maksimal dan Gedung baru dimanfaatkan secara optimal. 

Pertemuan ke-21 ACC merupakan salah satu pertemuan tingkat Menteri di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-32ASEAN di Singapura tanggal 25-28 April 2018.  

Selain itu, para Wakil Tetap negara ASEAN didorong untuk berperan lebih aktif dalam mengembangkan kerja sama dengan negara mitra termasuk membicarakan isu arsitektur keamanan kawasan.  

Dalam pertemuan kali ini, Dewan Koordinasi ASEAN telah membahas persiapan KTT ke-32 ASEAN, tindak lanjut dari keputusan KTT ke-31 ASEAN, laporan dari berbagai Organ/Badan ASEAN, serta penunjukan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Masyarakat Sosial Budaya ASEAN yang baru.​ (p/ab)