Menlu Retno Lepas Ekspor Perdana Bus Produksi CV Laksana ke Bangladesh

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-IndonesiaMenteri Luar Negeri, Retno Marsudi, melepas secara resmi pengiriman perdana Bus Eksekutif produksi CV Laksana ke Bangladesh. Seremoni pelepasan dilaksanakan di tengah pameran bus terbesar di Asia Tenggara, Busworld South East Asia di JIExpo Kemayoran, Kamis (21/3)  

CV Laksana mengekspor 14 bus dengan rincian 4 bus eksekutif dan 10 bus double decker dengan total penjualan senilai USD 808 ribu. Realisasi ekspor ke Bangladesh ini adalah implementasi dari kunjungan Presiden RI ke Bangladesh pada tahun 2018. Keberhasilan CV Laksana menembus pasar Bangladeh membuktikan perusahaan Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar internasional. 

Kemlu RI melalui diplomasi ekonomi akan terus mendukung pelaku usaha nasional menembus pasar non tradisional yang potensial. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI untuk memanfaatkan peluang pasar non-tradisional guna mendorong peningkatan ekspor nasional. 

Bangladesh merupakan mitra penting Indonesia di kawasan Asia Selatan. Selain bus eksekutif, pada awal tahun 2019 ini, Indonesia melalui PT INKA juga kembali meluncurkan 15 gerbong untuk ekspor tahap pertama dari total 250 gerbong pesanan Bangladesh.(p/ab)