Menlu Ingin Tingkatkan Kontribusi Bagi Bangsa, Perdamaian dan Kesejahteraan Dunia

By Admin

nusakini.com--Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi membuka Pameran Capaian Kinerja Diplomasi RI di Lobi Utama Kementerian Luar Negeri , Senin (8/1). “Pameran kinerja ini merupakan bentuk akuntabilitas publik," tutur Menlu Retno dalam sambutan pameran yang merupakan rangkaian kegiatan Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2018. 

Dengan mengunjungi anjungan pameran, masyarakat diharapkan dapat mengetahui sejauhmana kita sudah bergerak, apa yang sudah kita capai selama tiga tahun. “Dan dua tahun ke depan, kita akan mengintensifkan bekerja keras dan lebih keras lagi untuk mendukung misi politik luar negeri Indonesia," tegas Menlu Retno. 

Menlu juga meminta agar seluruh mesin diplomasi dapat memberikan kontribusi kepada bangsa, negara dan kontribusi bagi perdamaian dan kesejahteraan dunia. 

Pameran menampilkan 10 anjungan yang mewakili satuan kerja tingkat Eselon I di Kementerian Luar Negeri. Pameran akan berlangsung hingga 12 Januari 2018. Berbagai Informasi mengenai capaian kinerja dipaparkan di anjungan, dari konten cetak hingga digital. Para pengunjung pun mendapatkan kesempatan untuk memperoleh informasi dan berinteraksi secara lebih mendalam. 

Menlu Retno menyampaikan rasa bangga dan apresiasi atas kontribusi dan semangat kesatuan karyawan terhadap Kementerian yang dipimpinnya. “Kegiatan-kegiatan semacam ini juga tanpa kita sadari meningkatkan sense of ownership dan meningkatkan esprit de corps kita, untuk menunjukkan apa yang telah dilakukan," ungkapnya lebih lanjut. 

Menlu Retno juga memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan lainnya termasuk kepada Pasukan Perdamaian Indonesia yang ikut hadir dan memberikan yel-yel semangat a la Kontingen Perdamaian Garuda. “Peace Keeping Operation Indonesia merupakan aset diplomasi Indonesia. Indonesia secara nyata menunjukkan kepada dunia mampu berkontribusi untuk perdamaian dunia," kata Menlu Retno. 

​​“Terima kasih, selamat! Mari bergandeng tangan, merapatkan barisan, untuk dua tahun mendatang untuk bekerja lebih keras, dengan semangat kerja yang tinggi untuk mensukseskan misi politik luar negeri Indonesia," tuturnya menutup sambutan. (p/ab)