Menkominfo Targetkan Peningkatan Sektor Media dan Komunikasi Double Digit

By Admin

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara 

nusakini.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menargetkan pertumbuhan media dan komunikasi di Indonesia menembus double digit pada 2018 mendatang. Setelah sebelumnya sempat menyentuh double digit, perkembangan tersebut sempat mengalami penurunan sehingga saat ini perkembangan di sektor media dan komunikasi baru tumbuh single digit. Target double digit harus dijadikan motivasi bagi sektor tersebut untuk terus berkembang. Meskipun demikian, Rudiantara menyatakan perkembangan perekonomian Indonesia jauh lebih cepat daripada negara lainnya.

“Kalau dari sisi ekonomi, kan kita lihat bahwa kita itu tumbuh ya sekitar 5%. Apa itu naik kelas? Tergantung, kalau kita lihat lawannya yang sama-sama, mungkin tumbuhnya tidak lebih cepat dari Filipina.” Ujar Menkominfo dalam Seminar Indonesia Naik Kelas ,di Hotel Kempinsky, Senin (7/11/2016)

Menteri Rudiantara menyatakan saat ini sistem informasi Indonesia mulai mengejar ketertinggalannya dari negara-negara lain di ASEAN. Sebelum diluncurkan teknologi 4G, Indonesia masih berada di posisi empat di ASEAN di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Namun setelah diluncurkan teknologi 4G di Indonesia pada tahun 2015 lalu, Indonesia naik kelas menjadi peringkat dua di bawah Singapura.

Dalam seminar itu Rudiantara menuturkan, saat ni pertumbuhan sektor media dan komunikasi hanya kalah dengan perkembangan jasa keuangan, dan pertumbuhan media dan komunikasi diharapkan mampu kembali menembus double digit pada 2018.

“Jasa keuangan sekitas 11%-12%, dan media dan komunikasi sempat menyentuh 10% tapi turun lagi tapi high single digit dan yang jelas sudah diminta menjadi double digit lagi.”

Pemerintah kini memiliki program agar di tahun 2019 seluruh kota dan kabupaten di Indonesia sudah memiliki akses broadband. Contohnya daerah timur Indonesia seperti Papua dan Ambon yang masih harus membangun infrastruktur terlebih dahulu.

Perkembangan teknologi dan komunikasi turut mendukung Indonesia untuk naik kelas.“Perlahan kita akan menuju kesana. Jadi naik kelasnya ada yang jangkanya tiga tahun, tiap tahun, tapi menumbuhkan rasa optimisme Indonesia akan tumbuh lebih baik dalam waktu yang kita harapkan,” ujarnya.(p/mk)