Menkominfo: Program Harus Bermanfaat Bagi Rakyat

By Admin


nusakini.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan bahwa Program Prioritas Kominfo harus memiliki manfaat bagi masyarakat dan konstituennya. “Program yang kita miliki harus mempunyai nilai kepada masyakarat sehingga progress dari program tersebut harus terus dipantau setiap minggunya. Selain itu harus dipastikan bahwa program kita bisa tercapai,” tegas Rudiantara pada pembukaan Workshop Program Management Office (PMO), di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Saat ini terdapat sembilan program prioritas Kominfo antara lain UMKM Go Digital& 1 Juta Domain; Program 1.000 Technopreneur; Program Paket Kebijakan Ekonimi Digital; Program Pengesahan Roadmap E-Government; Program Desa Broadband Terpadu; Program Cyber Security; Program Analog Switch Off; Program Refarming; dan Program Infrastruktur USO.

Terkait beberapa status capaian Program Kementerian Kominfo, Rudiantara merasa bahwa semua pihak harus melihat proses dari program tersebut dan yang dibutuhkan agar status program tersebut menjadi hijau atau terlaksana adalah disiplin. “Saya mementingkan hasil dan agar setiap program berhasil kuncinya adalah disiplin pada proses agar performance dari program tetap baik. Koordinasi juga perlu dilakukan dengan berbagai pihak terkait. Jika kita tidak mampu maka jangan ragu untuk meminta bantuan konsultan yang kredibel," ungkap Rudiantara.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Farida Dwi Cahyarini menekankan adanya keserasian antara program dan anggaran atau keuangan. "Harus berjalan beriringan. Perlu ada dashboard untuk memonitor program tersebut terkait perkembangannya setiap minggu agar pengelolaan program bisa dicapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Farida mengharapkan workshop itu dapat membantu para pejabat di lingkungan Kementerian Kominfo mampu merancang, memantau dan mengelola Program Prioritas berdasarkan Nawacita dan arahan strategis Menteri untuk 3 program prioritas terpilih (pilot project) yaitu Government Public Relations (GPR), Ekonomi Kerakyatan, dan USO Network Planning. (p/mk)