Menkominfo Ajak Blogger Bandung Perbanyak Konten Positif

By Admin

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara 

nusakini.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak komunitas Blogger Kota Bandung untuk mengembangkan dan memperbanyak konten positif di dunia internet. "Blogger diharapkan bisa menjadi medium untuk berbicara kepada publik terutama netizen terkait berbagai konten positif," katanya dalam pertemuan bersama Komunitas Blogger Bandung di sela Acara Temu Bakohumas dan Komunitas 2016 di Hotel Harris Bandung, Jumat (18/11/2016).

Secara khusus, Menteri Rudiantara mengajak pemangku kepentingan beserta blogger dan netizen bersiap menyambut digitalisasi. "Pemerintah telah mempersiapkan infrastruktur. Saat ini layanan 4G sudah ada di kota-kota besar. Ke depan kita berharap seluruh wilayah Indonesia akan mendapat layanan dan harga sama," jelas Rudiantara.

Berkaitan dnegan konten internet, Menteri Kominfo mengatakan kementerian yang dipimpinnya akan terus melakukan filtering terhadap situs yang bermuatan negatif seperti pornografi dan perjudian. "Hingga saat ini sudah lebih dari 700 ribu situs yang diblokir. Namun pemerintah juga telah menyiapkan whitelist situs-situs yang memiliki konten positif untuk sekolah dan pesantren," tambahnya.

Dalam pertemuan itu Menteri Rudiantara juga mendorong anak muda untuk membuat beragam aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. "Kita memiliki Sebangsa, Qlue, dan Catfiz, namun masyarakat Indonesia lebih suka pakai WhatsApp atau line. Untuk itu saya dorong masyarakat untuk pakai aplikasi dari Indonesia. Kita harus memiliki kemandirian terkait hal ini. Harus berani untuk mengembangkan inisiatif dan kreasi khas Indonesia," ungkap Rudiantara.

Di akhir diskusi, Menteri Kominfo mengajak komunitas blogger untuk membuat aplikasi pengaduan konten agar dapat membantu upaya pemerintah dlam melakukan filtering terhadap konten negatif yang beredar di dunia maya. (p/mk)