Menko Rizal Luncurkan Sail Selat Karimata 2016

By Admin


nusakini.com - Rangkaian Sail Selat Karimata 2016 yang diselenggarakan dari bulan Agustus sampai Oktober secara resmi diluncurkan oleh Menko Maritim Rizal Ramli, di Auditorium BPPT Jakarta, Rabu (1/6/2016) 

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Suseno Sukoyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi serta sejumlah pimpinan kepala daerah pelaksana kegiatan sail. 

“Kegiatan ini adalah yang ke delapan kali sejak 2009. Semakin lama, tentu diharapkan semakin bagus dari segi kualitas, perencanaan, dampak dan manfaat yang dimilikinya,” kata Rizal Ramli. 

Lebih lanjut, Rizal mengatakan, bahwa daerah yang menjadi lokasi kegiatan yakni empat provinsi: 

1. Kalimantan Barat

2.Jambi

3. Kepulauan Riau

4. Bangka Belitung

Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam kesempatan yang sama, mengatakan sesuai arahan Presiden Jokowi, kegiatan Sail Selat Karimata 2016 harus memiliki nilai ekonomi. 

“Seperti yang dikatakan oleh Bapak Menko Rizal Ramli, apa yang dipesankan bapak Presiden bahwa acara ini tidak hanya sekedar acara, tapi harus memiliki nilai kesetaraan antara lain harus memiliki nilai lingkungan, komunitas dan ekonominya. Juga perlu diingat karena sasarannya internasional, maka standarnya pun setidaknya harus nasional,” jelas Yahya.(if/mk)