Menko Puan Harap Indonesia Mampu Menargetkan Prestasi di Asian Games 2018

By Admin

Foto/dok. Kemenko PMK  

nusakini.com - Menko PMK, Puan Maharani, pagi ini, Sabtu (25/3/2017) mengikuti rapat terbatas dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, terkait penyelenggaraan Asian Games 2018 di FX Plaza Office, Jakarta. Dalam rapat terbatas kali ini disebutkan bahwa dengan waktu yang tersisa kurang lebih 17 bulan menuju penyelenggaraan Asian Games 2018 pada Agustus 2018 yang akan diilaksanakan di Jakarta, Palembang, Jabar, dan Banten pada 18 Agustus - 2 September 2018 dengan mempertandingkan 36 Cabang Olahraga, diharapkan mampu menargetkan prestasi yang ingin diraih Indonesia selaku Tuan Rumah Penyelenggara pesta olahraga se-Asia ini. 

Wapres Jusuf Kalla pun menegaskan pentingnya pembangunan infrastruktur dalam Asian Games 2018 “Dalam Asian Games ada beberapa yang harus dicapai salah satunya pembangunan sarana atau venue , penyelenggaraan yang baik, dengan atletnya lebih dari 9.000 ditambah dengan media official semuanya harus tertata dengan baik, yang terpenting bagaimana atlet dapat memberikan prestasi yang baik, semuanya terlaksana dengan baik” Ujar Jusuf Kalla.

Mengingat potensi yang dimiliki dari atlet terpilih yang berjumlah 877 orang itu, Indonesia menargetkan capaian peringkat ke-8 hingga 10 juara Asian Games 2018. Dengan target peringkat ini, Indonesia setidaknya harus mampu memperoleh medali emas antara 13 hingga 20 medali serta bebas dopping. Para atlet yang tengah dipersiapkan diminta juga setidaknya mampu mengungguli para atlet lain yang sama-sama berasal dari kawasan Asia Tenggara. Dengan target sukses persiapan infrastruktur, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi.

“Pihak dari K/L, INASGOC serta pihak lainnya bisa lebih bersinergi dan fokus terhadap Asian Games. Contoh sinergi sub program Fitnes Asian Games dengan Kemenkes yang memiliki Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), lalu terkait Torch Rally dan Atlit-atlit yang mampu memberikan devisa bagi Negara ini bisa bekerjasama dengan Kemenpar, selain itu yang terpenting sesuai dengan harapan Wapres adalah penyelenggaraan ini perlu diperhatikan terkait sisi keuangan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan” Tutup Menko PMK.

Sebelum gelar pesta olahraga se-Asia itu dimulai, akan digelar test event pada bulan Oktober-November 2017 dengan melibatkan 10-15 negara peserta dan mempertandingkan 10 cabang olahraga. Dengan test event akan dapat mengetahui sejauhmana kesiapan baik dari segi infrastruktur maupun atlet.

Menko PMK juga dijadwalkan akan melanjutkan kunjungan esok hari bersama Wakil Presiden beserta pihak terkait ke berbagai tempat penyelenggaran Asian Games 2018 untuk mengecek persiapan Infrastruktur yang berada di Jakarta dari Gelora Bung Karno (Stadion, Aquatic Tempat Renang, Istora), Velodrome Rawamangun, Pacuan Kuda Pulomas dan Wisma Atlit Kemayoran.(p/mk)