Menkeu: Persatuan Menjaga Indonesia Sebagai Rumah Kita Sendiri

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyerukan semangat persatuan kepada jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menjaga Indonesia sebagai rumah sendiri. Menurutnya, Indonesia hanya mampu menjadi rumah bersama apabila warganya sebagai suatu bangsa mewujudkan kebersamaan dan persatuan. 

  "Hari ini kita juga melihat di lapangan upacara ini begitu beragamnya baju-baju daerah yang menggambarkan begitu kayanya Republik Indonesia. Kebhinekaan, kekayaan yang mampu membuat kita memahami perbedaan secara bijak. Oleh karena itu, kita harus mampu memelihara persatuan di dalam pendidikan kebhinekaan yang merupakan aset atau kekayaan negara Republik Indonesia," ujar Menkeu dalam amanatnya sebagai Pembina pada Upacara Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-73 serta Hari Sumpah Pemuda ke-91 di lingkungan Kantor Pusat Kemenkeu pada Rabu, (30/10). 

  Menkeu melanjutkan, dalam keseharian setiap orang harus mampu untuk menjaga persatuan melalui sikap yang inklusif, toleran dan saling menghormati perbedaan dalam rangka mewujudkan suatu persatuan yang kaya akan kebhinekaan.  

  Dalam konteks memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Keuangan Negara ia berpesan agar terus menerus mematrikan semangat bahwa tujuan bernegara adalah bagian dari pejuangan dari masa ke masa.  

  "Hari ini Anda semua memegang estafet untuk kita teruskan dan pada akhirnya akan kita berikan pada generasi yang akan datang yaitu hasil kerja yang lebih baik," ujarnya.(p/ab)