Menkeu: Opini WTP Bukanlah Capaian Akhir

By Admin

nusakini.com--Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan, opini WTP yang diterima atas Laporan Keuangan Pemerintah bukanlah capaian akhir. Menurutnya, opini WTP merupakan hasil kerja keras para institusi dan lembaga yang harus dilanjutkan dengan meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Menkeu dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) oleh BPK pada Selasa (05/06) di Auditorium BPK Jakarta. 

Menkeu mengungkapkan bahwa opini WTP tidak serta-merta merupakan jaminan tidak adanya praktek penyimpangan, pemborosan, dan kecurangan. Oleh karena itu, Menkeu mengajak kepada seluruh pimpinan kementerian dan lembaga untuk tidak hanya cukup mengejar WTP namun juga bekerja keras dalam menjamin tata kelola yang makin baik dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Lebih lanjut, Pemerintah akan terus meningkatkan peran Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) mulai dari proses penyusunan anggaran hingga penyusunan laporan keuangan. Menurutnya, hal ini dilakukan agar APIP dapat memberikan nilai tambah dan perbaikan proses bisnis organisasi melalui pendekatan yang lebih sistematis.  

“Dengan penguatan dan peningkatan pengawasan di kementerian dan lembaga akan terjadi peningkatan kualitas tidak hanya pada laporan keuangan namun juga pada pengelolaan keuangan negara secara keseluruhan dan yang paling penting kinerja dari kementerian dan lembaga tersebut,” tambah Menkeu. 

Menkeu sangat menghargai rekomendasi dan masukan serta perbaikan yang diberikan dari BPK. Menkeu juga berharap para pimpinan kementerian dan lembaga terus memiliki komitmen dalam mendukung peningkatan kualitas pengelolaan keuangan baik di masing-masing instansi sehingga dapat menjaga opini WTP.  

“Dengan akuntabilitas yang baik kita berharap kualitas kerja pemerintah dalam mencapai tujuan kinerja nya bisa diperbaiki,” pungkasnya.(p/ab)