Menkeu: Kelas Menengah Penting untuk Perekonomian

By Admin

nusakini.com--Kelas menengah di Indonesia menjadi salah satu fokus dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Menurutnya, kelompok ini dianggap memiliki peran yang semakin penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. "Peran kelas menengah sangat penting dan semakin penting," ungkap Menkeu dalam Seminar tentang Peran Kelas Menengah di kawasan Asia Timur dan Indonesia di Gedung Energi, Jakarta, Senin (04/12). 

Menkeu menjelaskan, kelas menengah tidak hanya mampu menjadi tenaga kerja berkualitas, namun juga mampu menciptakan lapangan kerja. Dampaknya sangat positif perekonomian, karena mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya beli masyarakat. Maka dari itu perlu ada fokus pengembangan masyarakat yang tadinya kelas bawah menjadi kelas menengah. Menurut Menkeu salah satu caranya dari alokasi anggaran pendidikan. 

"Makanya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi sangat penting," terangnya. 

Undang-undang mengatur 20% dari total APBN ditujukan untuk alokasi pendidikan. Menkeu menyebutkan bahwa secara porsi sudah cukup kuat, namun tantangannya adalah bagaimana kualitas penggunaanya. "Tantangan yang sengat besar makanya kita perlu memperbaiki tata kelola dan hasil efektivitas dari anggaran pendidikan. Ini suatu luar biasa penting yang disebut peranan dan kualitas middle class," imbuhnya.(p/ab)