Menkeu : Jika Trust Tinggi, Transaction Cost Rendah

By Admin

nusakini.com--Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa dengan munculnya trust, (kepercayaan) Indonesia dapat membangun reputasi ekonomi yang memliki transaction cost rendah yaitu ekonomi yang efisien dan produktif.   

“Suatu ekonomi yang memiliki trust yang tinggi, transaction cost jadi rendah. Maka, seluruh upaya kita dan pemikiran lebih difokuskan bagaimana menciptakan produktivitas daripada melakukan compliance. Ini akan sangat baik bagi reputasi Indonesia,” ungkap Menkeu dalam sambutannya pada saat Peresmian Integrasi Data Perpajakan Direktorat Jenderal Pajak dengan PT Pertamina (Persero) di Aula Djuanda, di Kementerian Keuangan, kemarin.

Lebih lanjut, Menkeu menjelaskan Indonesia sedang membangun reputasi ekonomi Indonesia setahap demi setahap sebagai ekonomi yang tumbuh tinggi, inklusif dan berdasarkan fondasi produktivitas maupun tata kelola yang baik.

Menkeu meyakini bila Kemenkeu dan Kementerian BUMN bisa menunjukkan kepada masyarakat dan dunia bahwa dua lembaga itu adalah entitas yang efisien, efektif, tepercaya dan berbiaya rendah (low cost) sehingga akan mengangkat reputasi Indonesia dengan luar biasa.(p/ab)