Menkeu Dukung Perkembangan Ekspor dengan Fasilitas Fiskal

By Admin

nusakini.com--Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) mengadakan pertemuan dengan para eksportir di Aula Merauke, Kantor Pusat DJBC, Jakarta pada Selasa (07/08) untuk mendukung para eksportir memperluas jangkauan pasar ataupun peningkatan produksi. 

Untuk mencapai itu, Pemerintah telah melakukan berbagai strategi. Pada acara yang bertema “Fasilitas Fiskal Untuk Peningkatan Eskpor Nasional,” tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan insentif dari pajak dan bea cukai bisa langsung dirasakan tidak hanya dari sisi keuangan tetapi juga dari sisi percepatan dan kepastian pelayanan. 

“Pemberian fasilitas potongan pajak kalau investasi. Mulai dari tax allowance, tax holiday. Biaya investasi bisa dibiayakan. Jika melakukan vokasi untuk para pekerja agar makin baik juga bisa dibiayakan. Melakukan riset dan development dalam rangka evaluasi dan pengembangan produk juga bisa dibiayakan,” tukasnya di hadapan 500 eksportir.  

Menurut Menkeu, ekspor memiliki peranan besar pada pertumbuhan ekonomi dan neraca pembayaran yang kuat. Oleh karena itu, Pemerintah fokus memacu ekspor dan pada saat yang sama juga berusaha untuk mengurangi impor. 

Menkeu menyatakan Pemerintah sangat bersungguh-sungguh ingin membantu para eksportir agar dapat mengembangkan usahanya. Ia pun siap menerima berbagai masukan dari para pelaku usaha karena semua kemajuan yang didapatkan akan dirasakan oleh seluruh masyarakat. 

“Tolong tularkan entrepreneur Anda, gunakan kesempatan ini dan kami sangat berbahagia jika kami bisa membantu dan ikut mendorong Bapak-Ibu makin sukses. Jika Pemerintah dan pelaku ekonomi mampu membangun hubungan yang baik, maka kita bisa mendapatkan ekonomi yang kuat, tahan goncangan dari kondisi perekonomian global,” tutup Menkeu.(p/ab)