Menkeu Apresiasi Pembinaan Masyarakat PT Geo Dipa Energi

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi langkah PT Geo Dipa Energi melalui kegiatan community development atau pembinaan masyarakat. 

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Penyerahan Bantuan Community Development PT Geo Dipa Energi (Persero) kepada masyarakat di Desa Panundaan, salah satu desa yang lokasinya dekat dengan Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Unit Patuha, Ciwidey, Jawa Barat pada Kamis (13/12). 

"Saya mengapresiasi PT Geo Dipa Energi yang menyampaikan bahwa supaya mereka bisa beroperasi dengan baik, masyarakat perlu turut merasa memiliki dan merasakan manfaat aset negara. PLTP Unit Patuha adalah aset kita semua. Jika PT Geo Dipa Energi bisa bekerja makin baik, keuntungannya akan disetorkan kepada pemerintah dan disalurkan kembali ke masyarakat dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Desa, dan Dana Kelurahan,” jelas Menkeu. 

PT Geo Dipa Energi adalah satu-satunya BUMN panas bumi di Indonesia yang berkomitmen melakukan pengembangan secara masif dalam rangka pemenuhan target 23% energi bauran di tahun 2025. Selain itu, PT Geo Dipa Energi berupaya untuk maju bersama masyarakat sekitar dengan memberikan penghidupan dan bekal untuk meningkatkan taraf hidup menuju yang lebih baik. Kepemilikan saham PT Geo Dipa Energi dimiliki oleh Kementerian Keuangan qq. Pemerintah Indonesia, sebesar sekitar 93% dan sisanya dimiliki oleh PT PLN (Persero).  

PT Geo Dipa Energi merupakan salah satu Special Mission Vehicles (SMV) di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki misi antara lain mendukung program pemerintah dalam penyediaan listrik tenaga panas bumi yang aman dan ramah lingkungan. 

Program pengembangan masyarakat Geo Dipa bersifat membangun kemitraan berdasarkan kepercayaan, baik dengan masyarakat dimana Geo Dipa beroperasi, Pemerintah maupun institusi pendidikan bersama-sama bergotong-royong sesuai Visi dan Misi Geo Dipa dalam meningkatkan taraf hidup manusia, dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.  

Sebagai informasi, Geo Dipa merupakan badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang fokus mengembangkan energi panas bumi dalam rangka menjaga kebutuhan energi terbarukan ramah lingkungan dan ketahanan energi nasional bagi Indonesia. Geo Dipa juga memiliki kontribusi terhadap kelestarian lingkungan.  

Saat ini dengan kapasitas terpasang PLTP Patuha Unit 1 sebesar 55 MW dan PLTP Unit Dieng sebesar 55 MW, Geo Dipa menurunkan sekitar 702 ribu ton/tahun CO2. Saat ini Geo Dipa berkontribusi kepada negara dengan total kontribusi Geo Dipa baik dari Pajak, Penerimaan Negara Bukan Pajak Nasional (PNBP) Nasional, Iuran Eksplorasi, Bonus Produksi, Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Non-Skill, dan Corporate Social Responsibility di tahun 2017 sebesar Rp 50.028.636.249. Sedangkan untuk Community Development kumulatif sampai saat ini telah memberikan sebesar Rp 17 miliar, baik untuk unit Patuha maupun unit Dieng. (p/ab)