Menjangkau Lanjut Usia Hingga Pelosok Mamuju

By Admin

nusakini.com--Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Gau Mabaji Kabupaten Gowa melakukan pelayanan penjangkauan kepada lansia di Kabupaten Mamuju. Tim Reaksi Cepat (TRC) yang dipimpin langsung oleh kepala PSTW Gau Mabaji, La Tatong memberikan bantuan untuk tiga orang lansia. 

Tim TRC PSTW Gau Mabaji bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Mamuju segera bergerak cepat melaksanakan pelayanan penjangkauan setelah mendapat laporan dari masyarakat akan adanya 5 Orang lansia yang memerlukan penanganan. 

Mamuju merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, berjarak sekitar 295 km dari Kota Makassar. Lokasi dapat ditempuh melalui perjalanan darat dengan lama tempuh sekitar 9-11 jam. Kabupaten Mamuju masih merupakan wilayah jangkauan layanan PSTW Gau Mabaji Gowa. 

Lokasi tempat tinggal lansia tersebut berada di Kecamatan Timboro Desa Sesea dan Desa Ampala. Sutimbul, ketua tim penjangkauan mengatakan “Saat ini kami berada di lokasi, memberikan bantuan kepada tiga orang lansia” 

Berdasarkan laporan dari Dinas Sosial setempat ada lima lansia yang memerlukan bantuan penanganan, namun setelah dilakukan asesmen secara mendalam hanya ada tiga lansia yang dapat diberikan pelayanan. Satu lansia yang sebelumnya kurang diperhatikan keluarga, tetapi saat ini lansia tersebut sudah kembali dalam perawatan keluarganya. Sedangkan satu lansia lagi sudah tidak memiliki tempat tinggal tetap/berpindah-pindah. 

Sebagian besar lansia yang dijangkau tersebut memiliki masalah sosial berupa tempat tinggal yang kurang layak dan kondisi ekonomi yang kurang sejahtera. Bantuan yang diberikan oleh Tim Penjangkauan PSTW Gau Mabaji adalah bahan bangunan untuk perbaikan rumah dan bantuan kebutuhan pokok. (p/ab)