Menhan RI : Shangri-La Dialogue Sangat Penting Dalam Menghadapi Ancaman Keamanan Kawasan

By Admin

nusakini.com-- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Jumat (2/6), dalam rangkaian kegiatan kehadirannya pada Shangri-La Dialogue di Singapura melakukan pertemuan dengan Deputy Prime Minister of Singapore Teo Chee Hean.

Menhan Ryamizard menyatakan pentingnya menghadiri Shangri-La Dialogue yang merupakan pertemuan informal di bidang pertahanan yang dihadiri oleh para petinggi pertahanan banyak negara di dunia. Pertemuan ini sangat penting sebagai ajang saling bertukar pengalaman dan pikiran dalam menghadapi ancaman pertahanan di dunia terutama di kawasan Asia Pasifik. 

Karena setiap negara yang memiliki pantai/laut di kawasan ini harus berperan dalam mengamankan kawasan Asia Pasifik dalam hal ini utamanya adalah negara-negara anggota ASEAN. Jika semua negara pantai berperan serta dalam mengamankan perairan kawasan maka setengah dari Laut China Selatan telah dapat dijaga keamanannya.

Menhan Ryamizard kembali menekankan pentingnya peran serta semua negara dalam mengamankan perairan kawasan sehingga dapat mengurangi kejahatan laut seperti perompakan dan terorisme. Karena hal itu juga Menhan Ryamizard Ryacudu menggagas kerjasama trilateral antara Indonesia, Malaysia dan Filipina dalam upaya menangkal kejahatan di perairan kawasan.

Menghadapi ancaman terorisme yang telah mengancam kawasan ASEAN Deputy Prime Minister Singapura menegaskan pentingnya kerjasama saling tukar informasi intelijen untuk mengatasi penyebaran ideologi mereka. Sedangkan Menhan Ryamizard Ryacudu menekankan pentingnya kerjasama seluruh negara-negara anggota ASEAN dalam membendung terorisme tersebut agar tidak menyebar ke negara lain di kawasan ini. (p/ab)