Menhan Berikan Pembekalan Bela Negara Kepada 5.909 Mahasiswa Baru Universitas Udayana

By Admin

nusakini.com--Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Mahasiswa Baru Universitas Udayana dalam rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Minggu (13/8) di Bali. Sebanyak 5.909 Mahasiswa Baru Universitas Udayana mengikuti pembekalan tersebut. 

Menhan yang didampingi oleh Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI I Wayan Midhio dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Bela Negara sangat penting ditanamkan sejak dini kepada generasi muda Indonesia sebagai generasi penerus bangsa dan calon pemimpin bangsa dimasa depan.

Semangat bela negara diperlukan bangsa Indonesia guna menghadapi derasnya fenomena dan persaingan mempertahankam eksistensi bangsa adalam era globalisasi yang syarat dengan persaingan ekonomi dan ketergantungan satu dengan yang lain.

Seiring dengan perkembangan global yang menghadirkan hakikat ancaman yang beragam dan kompleks, semakin disadari bahwa pertahanan negara tidak cukup dilakukan melalui pendekatan aspek militer semata, namun diperlukan adanya Wawasan Kebangsaan yang kuat dari seluruh Komponen Bangsa agar tidak mudah terpengaruh oleh provokasi Ideologi-ideologi asing tersebut. “Hanya dengan kesadaran untuk membela negara, kita akan mampu berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara”, kata Menhan.

Menhan lebih lanjut mengatakan Mahasiswa merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan. Untuk itu, sebagai generasi masa depan haruslah terus berusaha menjadi generasi yang maju dan unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya.”Selain itu, harus memiliki kekuatan integritas kepribadian yang Pancasilais, mental yang kokoh dan pantang menyerah untuk berjuang demi kemajuan bangsa dan negara”, tambahnya.

Kegiatan PKKMB Univertias Udaya dengan “Membangun Sinergitas Menuju Unud Yang Unggul, Mandiri dan Berbudaya, Serta Memperkokoh Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara” berlangsung selama satu hari. Selain mendapatkan pembekalan dari Menham, Mahasiswa Baru Universitas Udayana juga mendapatkan pembekalan dari Gubernur Bali tentang Kesadaran Berbangsa dan Bernegara.

Tujuan diselenggarakan kegiatan PKKMB adalah bagian dari upaya Universitas Udayana agar para Mahasiswa Baru lebih mudah dapat beradaptasi dengan proses pembelajaran dan kehidupan Akademik di Universitas Udayana.(BDI)