Mendagri Umumkan Plt Gubernur pada 26 Oktober

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan mengumumkan siapa-siapa saja para pelaksana tugas (plt) gubernur yang diisi dari jabatan eselon I Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Rabu (26/10) mendatang. 

“Tanggal 26. Siapa tahu nanti komandan saya (Presiden Jokowi) bilang dipertimbangkan ini, kan kasihan nama yang sudah dibuat,” kata Tjahjo di Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Senin (24/10). 

Dia juga menyatakan, soal Plt pihaknya membuat 2 tahap, yakni membuat Surat Keputusan (SK) dan membuat surat laporan ke Presiden, Wapres serta Menko Polhukam. Ada penjabaran soal nama-nama Plt gubernur ini dengan sejumlah pertimbangan. 

“Kami putuskan nama2 ini, pertimbangannya ini, tidak semata-mata dia eselon I di Kemendagri. Kalau mereka tidak mumpuni, tidak sesuai harapan kami, ya kami bisa meminta bantuan eselon I di kementerian lain,” ujar Tjahjo. 

Menurut dia, Kemendagri telah menetapkan nama-nama untuk 5 daerah yakni Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, dan Gorontalo. Sedangkan untuk Sulawesi Barat (Sulbar) dan Papua Barat akan diangkat seorang penjabat. 

“Kecuali Sulbar dan Papua Barat. Sebab, Sulbar dan Papua Barat, dua petahananya tidak maju lagi hanya wakil gubernurnya saja,” ujar dia. 

Tjahjo juga mengakui munculnya nama-nama Eselon I Kemendagri yang akan ditugaskan sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta. Di antaranya adalah Sekjen Kemendagri, Yuswandi A Tumenggung dan Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono. (p/ab)