Mendagri: Satpol PP Jangan Over Akting dan Sok Kuasa

By Admin


nusakini.com - Kasus penertiban pedagang kaki lima (PKL) diwarnai penyitaan barang dagangan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) di Serang, Banten, ikut ditanggapi oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Mendagri, di Jakarta, Minggu (12/6/2016 ) mengatakan, sudah menugaskan Direktur Satpol PP Kemendagri untuk turun ke Kabupaten Serang, guna menegur dan mengingatkan agar dalam melaksanakan keputusan kepala daerah, mengamankan Perda, Satpol PP harus bersikap simpatik. 

“Kedepankan penyuluhan. Jangan over akting, sok kuasa. Apapun masyarakat di daerah ditertibkan tapi harus manusiawi,” kata Mendagri. 

Terkait warung makan yang buka saat puasa Ramadan, Mendagri meminta agar Satpol PP mengingatkan mereka untuk tidak buka secara menyolok dan bisa ditutup tirai. Itu untuk menjaga toleransi masyarakat yang beragam. 

“Saya pribadi sebagai Mendagri memberikan dana sebagai modal kerja kepada penjual makanan yang makanannya disita Satpol PP. Saya sebagai pembina mengatakan bahwa tugas Satpol PP harus simpatik, mengutamakan penyuluhan,” tambahnya.(if/mk)