Mendagri Dukung KPK Bangun Pemerintahan yang Bersih

By Admin

nusakini.com--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendorong kinerjas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Sebagaimana diketahui, saat ini KPK telah banyak melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada para pejabat daerah yang melakukan korupsi. 

Bahkan, Mendagri menyebutkan KPK telah memecahkan rekor muri.Hal ini disampaikan Mendagri dalam Rapat Kerja Pengawasan Penyelenggaraan Pemda di Discovery Hotel Ancol, Rabu (25/1).  

“Saya mendorong KPK untuk dapat membangun pemerintahan bersih dan berwibawa ini,” ujar Mendagri saat ditemui kemarin.Bukan hanya itu, sebelumnya juga Mendagri mendukung KPK mempunyai perwakilan di seluruh provinsi. 

KPK dituntut untuk dapat memfungsikan kejaksaan dan kepolisian di seluruh provinsi.“Kami berharap KPK dapat memfungsikan kejaksaan dan kepolisian tapi KPK juga tetap fokus di sejumlah provinsi,” ujar Tjahjo. 

Dalam perkembangannya, kebijakan KPK sudah mulai meluas bukan hanya di daerah fokus sebelumnya saja. Hal demikian yang membuat Mendagri cukup intens melakukan pengawasan dengan KPK dan Badan Pengawasan Keuangan (BPKP). 

Terkait dengan masalah korupsi yang ada, Mendagri juga meminta agar semua pihak tidak lengah dalam proses pengambilan keputusan. 

“Semua pihak bisa terlibat dalam setiap keputusan politik pembangunan, baik itu di tingkat pusat dan daerah,” tambah Mendagri.Dalam rapat tersebut, Mendagri juga menyampaikan bahwa di pemerintah pusat maupun daerah adanya area rawan korupsi, maka dari itu perlu adanya kerjasama antara pemerintah daerah dengan DPRD setempat. 

“Saya kira seharusnya pemda dapat membangun kemitraan dengan DPRD apalagi menyangkut penyusunan peraturan daerah dan anggaran belanja,” imbau Mendagri.Mendagri sendiri yakin bahwa masalah korupsi dapat dicegah dan dikoordinir oleh pemerintah melalui Kepala Daerah maupun Sekretaris Daerah (Sekda). Hal ini dapat terjadi apabila setiap daerah dapat bertanggung jawab.(p/ab)