Mencicipi Gurihnya Sate Blengong di Brebes

By Admin

nusakini.com--Kabupaten Brebes boleh jadi menjadi daerah yang namanya sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia ternyata belakangan ini. Kasus Brexit di Eropa, yang kebetulan secara bersamaan dibukanya gerbang tol Brebes tahun lalu, dengan terjadinya kemacetan parah, semakin melambungkan daerah penghasil bawang merah itu. 

Dibukanya sejumlah ruas tol (fungsional) baru Pada musim midik lebaran tahun ini, sedikit mengurangi hiruk pikuk kemacetan yang sempat disebut 'horor' arus mudik. Besarnya perhatian publik terhadap cerita tersebut, seakan menenggelamkan kisah lain yang sebenarnya cukup unik, dan belum banyak terekspos secara luas. 

Kalau di daerah lain, hidangan khas lebaran adalah ketupat dan opor ayam. Tetapi kalau kita cermati di atas meja makan warga Brebes, mungkin ada yang berbeda. 

Selain hidangan utama itu, ada juga sate yang mirip sate ayam. Tapi saat mencoba ternyata rasanya lebih gurih daripada daging ayam, dan mirip daging bebek. Anehnya, sate tersebut lebih tebal, tidak seperti daging bebek yang lebih tipis. Namanya sate blengong, yang sebenarnya sudah sangat familier di telinga masyarakat Brebes. 

Blengong adalah unggas hasil perkawinan antara bebek dan itik (entok/mentok). Daging blengong tak jauh berbeda dengan daging bebek yang gurih dan lembut sehingga cocok untuk dijadikan sate. Sate blengong disajikan dengan bumbu santan dan ditusuk menggunakan lidi panjang, dan lebih nikmat disantap dengan ketupat (kupat). 

Tidak sulit mencari sate blengong di Brebes, baik saat musim lebaran maupun di hari-hari biasa. Di se putaran alun-alun Brebes, sejumlah penjual sate blengong berjajar setiap sore hari. Harganya juga tidak mahal, berkisar Rp.60.000/kodi atau 20 tusuk. 

Gurihnya sate blengong semakin menambah perbendaharaan kuliner kota Brebes. Sembari berbelanja oleh-oleh khas Brebes, yakni telur asin yang banyak disekitar Alun-alun, warga bisa sambil mencicipi gurihnya sate blengong. 

Telur asin Brebes terkenal dengan kuning telurnya yang masir dan berminyak meleleh seperti madu. Ada beberapa varian telur asin B, seperti telur asin bakar, rebus, dan telor asin rasa udang. Harga telor asin brebes ini berkisar Rp.3000-Rp. 4000 /butir. 

Brebes merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Sebagian besar kegiatan perekonomian di Brebes didominasi oleh perdagangan dan pertanian, selain nelayan dan petani tambak (ikan bandeng, udang dan budidaya rumput laut) dan peternak bebek. 

Sedangkan di daerah selatan, umumnya penduduknya bermata pencaharian sebagai petani bawang merah dan buruh tani. (p/ab)