Menaker: Tingkatkan Terus Daya Saing SDM Pariwisata

By Admin

nusakini.com--Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan, pemerintah terus mengupayakan peningkatan daya saing sumber daya manusia (SDM) di sector pariwisata. “Terutama SDM pariwisata di daerah-daerah yang baru yang sedang mengembangkan destinasi pariwisatanya,” kata Menaker saat membuka Festival Way Kambas di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Jumat, (11/11). 

Peningkatan daya saing SDM terkait dengan segala yang terkait dengan pelayanan untuk wisatawan, sehingga turis lokal maupun mancanegara tertarik melancong. Menaker juga mengingatkan, peningkatan daya saing SDM juga garus terintegras dengan infrastruktur, branding, serta aparat terkait. Semua unsur tersebut harus bersatu. 

Terkait dengan peningkatan daya saing, sebelum membuka Festival ini, Menteri Hanif juga menyempatkan berkunjung ke Balai Latihan Kerja Lampung. Di balai latihan tersebut diajarkan beberapa keahlian, termasuk keahlian terkait dengan industri pariwisata dan industry kreatif. 

Sektor pariwisata yang juga erat kaitannya dengan pengembangan industri kreatif, akan memberikan perluasan lapangan kerja serta perekonomian. Dalam konteks persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), industri pariwisata adalah sektor yang paling siap bagi Indonesia. “Tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia meningkat hingga Sembilan persen lebih,” kata Menaker. 

Menaker optimis, Festival Way Kambas akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal, nasional maupun manca Negara. 

Festival Way Kambas tahun ini merupakan festival ke 16. Berlangsung sejak 11-13 November 2016. Festival menampilkan sejumlah kegiatan menarik seperti aneka kesenian tradisional, music, Lomba Kreasi Suvenir, Jeprat-Jepret Pesona Way Kambas, Sketsa Way Kambas, Festival Kuliner. Way Kambas Adventure Trail, Fun and Run, Gowes to Way Kambas, Fox Hunting Signal Way Kambas, seminar, serta pesta buah. 

Selain Menaker, hadir dalam pembukaan adalah Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Ketua Komisi III DPR M Aziz Syamsudin, Komisi X DPR Dwita Ria Gunadi, Wakil Bupati Zaiful Bokhari, serta sejumlah pejabat lain baik dari Provinsi Lampung, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Badan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Pariwisata. 

Bupati Chusnunia Chalim mengatakan, pihaknya terus meningkatkan pembangunan sector pariwisata di Lampung Timur. “Termasuk terus memperbaiki Festival Way Kambas agar lebih menarik wisatawan dalam dan luar negeri,” ujarnya. (p/ab)