Menaker Saksikan MoU Kerjasama Penyediaan Hunian Bagi Pekerja

By Admin

nusakini.com--Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyaksikan penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Kerjasama Program Pengembangan Hunian Untuk Pekerja. 

Kerja sama dalam mengembangkan hunian pekerja di kawasan industri ini dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PT PP), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan serta Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI). 

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan hunian pekerja bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di daerah kawasan industri seluruh wilayah Indonesia. 

“Pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan peningkatan akses bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk medapat tempat tinggal yang layak huni termasuk menggandeng sektor swasta agar turut membantu mewujudkannya,” kata Menaker Hanif di Jakarta pada Kamis (15/9). 

Hadir dalam penandatangan ini adalah Direktur Utama PT PP Tumiyana, Direktur Utama BTN Maryono, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, ‎dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea. 

Hanif menambahkan, percepatan penyediaan hunian bagi para pekerja ini dilakukan untuk menekan biaya pengeluaran masyarakat terutama ditujukan bagi kelompok pekerja/buruh yang memang membutuhkan. 

“Dengan menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh para pekerja di sekitar kawasan industri maka diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran untuk biaya rumah dan transportasi pekerja. Kita harapkan peningkatan kesejahteraan pekerja/buruh bisa terwujud,” kata Hanif. 

Hanif menyampaikan apresiasi pemerintah bagi kepada stake holder yaitu terkait yang telah meninisiasi komitmen bersama ini dalam rangka mendorong percepatan pemenuhan keburuhan perumahan bagi pekerja. 

“Kita berharap penandatangan komitmen bersama dalam penyediaan perumahan bagi pekerja ini dapat menjadi contoh baik sehingga bisa juga dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan lain di berbagai daerah di Indonesia,” kata Hanif. 

Selain penandatangan MoU Kerjasama Program Pengembangan Hunian Untuk Pekerja, dilakukan pula penandatangan komitmen bersama berkomitmenuntuk meningkatkan implementasi program Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (SMK3L).            

Dalam rangkaian kegiatan ini,Menaker Hanif Dhakiri pun meninjau prototype moda transportasi Metro Kapsul yang dikembangkan PT PP yang merupakan karya anak bangsa Indonesia sebagai upaya membantu mengatasi permasalahan kemacetan yang terdapat di kota-kota besar Indonesia. (p/ab)