Menag Terima FUI, Bahas Isu Aktual Keagamaan

By Admin

nusakini.com--Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menerima kunjungan para ulama dan tokoh agama yang tergabung dalam Forum Umat Islam (FUI). Rombongan yang digawangi oleh KH. M. Al Khaththath sebagai Sekjen FUI ini terdiri dari tokoh Front Pembela Islam (FPI), Pengurus Pusat Kajian Kepemimpinan Indonesia atau Centre of Study for Indonesian Leadership (CSIL), Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI), Korps Muballigh Jakarta (KMJ), PB PII, Daina, PP Forsap, Dewan Dakwah, Suara Islam, dan ormas-ormas Islam lainnya. 

Hadir dalam kesempatan ini, Habib Rizieq Shihab, KH Abdul Rasyid Abdullah Syafei, KH Kholil Ridwan, dan sejumlah tokoh lainnya. Pertemuan  ini membahas isu-isu aktual keagamaan. Kepada Menag, FUI berharap Kementerian Agama dapat lebih berperan dalam berbagai permasalahan yang tengah dihadapi oleh umat Islam khususnya di Indonesia. 

Habib Rizieq misalnya, berharap Kemenag bisa berperan dalam menyeimbangkan program deradikalisasi dan deliberalisasi. Selain itu, Habib juga mengusulkan agar Kemenag bisa memasukan kurikulum Aswaja dalam pendidikan Islam di Indonesia. 

Menag yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama Ferimeldi, Sesditjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, dan Sesmen Khoirul Huda menyambutbaik pertemuan dengan FUI untuk membahas isu aktual keagamaan. Menag menggarisbawahi pentingya usaha bersama dalam memerangi gerakan ekstrim dalam beragama yang mengarah pada perusakan dan perpecahan umat. 

Menag juga setuju dengan program deliberalisasi sebagai penyeimbang pikiran-pikiran liberal. Terkait aswaja, Menag mengaku sampai saat ini terus melakukan penyempurnaan kurikulum di madrasah dan pesantren. Namun demikian, Menag juga menekankan pentingnya pemanfaatan media sosial dalam ikut memberikan pendidikan kepada generasi bangsa. 

"Anak sekarang sudah jarang baca barang cetakan. Media sosial harus dimanfaatkan sebagai medium menyebarkan informasi yang baik," tandasnya. 

Dalam kesempatan ini, KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi'I juga mengundang Menag untuk hadir pada tasyakur kelahirannya Ma'had Al Quran KH Abdullah Syafi'i yang ke-26 pada 2 Oktober atau bertepatan dengan 1 Muharram 1438H di Sukabumi, Jawa Barat. Habib Rizieq juga mengundang Menag untuk hadir pada Mukernas FPI yang akan diselenggarakan di Pesantren al Futuhiyah Lebak Banten, 14 Agutus mendatang. (p/ab)