Menag Resmikan Proses Pembangunan Sembilan Gedung UIN Mataram

By Admin


nusakini.com-Mataram-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Rabu (17/10), meresmikan proses pembangunan sembilan gedung UIN Mataram. Peresmian ini ditandai dengan pemencetan tombol sirine dan penandatanganan prasasti yang sekaligus menandai dimulainya grounbreaking pembangunan gedung.  

Sembilan gedung UIN Mataram ini dibangun atas bantuan Islamic Development Bank (IDB). Menurut Menag, bantuan ini ditujukan untuk menambah sarana prasarana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).  

"Saya hadir disini, tidak hanya memenuhi undangan Rektor, namun sekaligus silaturahim untuk peresmian proses pembangunan. Dalam waktu tidak lama lagi, UIN Mataram akan memiliki 9 gedung baru," kata Menag Lukman memulai sambutannya di hadapan civitas akademika UIN Mataram. Tampak hadir juga, Gubernur NTB, Muspida, serta perwakilan kotraktor proyek.  

"Selaku Menag saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada segenap civitas akademika UIN Mataram, yang berjuang bersama agar kampus terus berkembang dengan menambah daya kapasitas sehingga sarana prasarana semakin baik," tambahnya.  

Menag berharap, keberadaan gedung baru nantinya tidak hanya menambah akses masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi, namun juga meningkatkan kualitas mutu pendidikan di UIN Mataram. Kepada civitas akademika UIN Mataram, Menag berpesan bahwa hakikat pembangunan tidak semata persoalan fisik, tapi juga terkait kualitas manusia.  

"Hakikatnya kita sedang membangun peradaban bangsa, bahkan dunia. Sebab, kita hidup di era globalisasi, yang mana kita tidak terpisahkan, dan sudah menjadi warga dunia secara keseluruhan," pesan Menag.  

“Saya minta agar yang terlibat dalam proses pembangunan gedung ini, memiliki kesadaran penuh, butir-butir pasir yang dicampur semen, besi, dan semua materi yang menjadi bangunan gedung fisik, harus diniati, kita sedang membangun karakter dan peradaban manusia," kata Menag.  

Dirjen Pendis Kamaruddin Amin dalam laporannya menyampaikan, bahwa bantuan IsDB ini dalam rangka merespon tantangan perguruan tinggi keagamaan ke depan. Saat ini, masih banyak warga masyarakat yang belum bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.  

"Tujuan bantuan ini juga sebagai bentuk upaya peningkatan mutu, tidak hanya pengembangan fisik namun juga kualitas," kata Kamaruddin Amin.  

Diharapkan Kamaruddin, pembangunan 9 gedung UIN Mataram dapat juga meningkatkan mutu dan kualitas lulusan yang dilahirkan. "Sebuah bangsa yang besar pasti dibeck-up oleh Perguruan Tinggi yang besar," tegas Kamaruddin Amin. (p/ab)