Menag Minta Jajarannya Siapkan Layanan Kemenag Serba Digital

By Admin


nusakini.com-Palu-Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta jajarannya untuk menyiapkan layanan serba digital. Pernyataan ini disampaikan Menag saat meninjau Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah yang baru saja diresmikan, di Palu, Sulawesi Tengah. 

“Sudah saatnya kita mewujudkan layanan yang serba digital. Kita bermimpi, suatu saat layanan Kemenag dapat diakses masyarakat tanpa perlu datang ke kantor Kemenag. Semua dilakukan secara online,” ujar Menag Lukman.

Turut mendampingi Menag dalam kunjungannya, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, Dirjen Pendidikan Islam Kamarudin Amin, Staf Ahli Menteri Agama Oman Fathurahman, serta sejumlah pejabat eselon II Kemenag RI. 

Menurut Menag, inovasi ini harus terus dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Terlebih cakupan pelayanan Kementerian Agama hampir mencakup seluruh peristiwa kehidupan. “Jadi suatu saat, masyarakat tidak perlu lagi untuk datang saat ingin meminta surat rekomendasi pembangunan rumah ibadah misalnya,” kata Menag. 

Menjawab tantangan Menag, penanggungjawab layanan PTSP Kemenag Sulteng Ratna Muthmainah menyampaikan pihaknya telah menyiapkan fitur layanan online PTSP. “Ini yang membedakan layanan PTSP kami dengan layanan PTSP Kanwil lain yang sudah ada. PTSP kami segera dapat diakses juga secara online, sehingga masyarakat cukup mengunggah berkas yang dibutuhkan saja, kemudian memantau prosesnya secara online juga,” tutur Ratna. 

PTSP Kanwil Kemenag Sulteng merupakan PTSP Kanwil ke-10 yang telah diresmikan. . “Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Motto layanan kami PASTI. Progresif, Andal, Santun, Tuntas dan Ikhlas,” ujar Kakanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke. (p/ab)