Menag Menilai Kerukunan di Aceh Masih Kategori Tinggi

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan bahwa kerukunan umat beragama di Aceh baik dan kategori tinggi. Hal ini disampaikan Menag Fachrul saat diminta tanggapannya terkait hasil survei indeks kerukunan umat beragama yang telah dirilis oleh Kementerian Agama. 

“Masih dalam kategori tinggi,” tegas Menag. 

Menag mengaku beberapa catatan dalam survei indeks KUB akan menjadi perhatian bersama. Meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama merupakan tugas bersama yang berkelanjutan. “Ini menjadi pekerjaan rumah buat kita. nanti akan kita lihat di mana titik lemahnya. Kita coba tingkatkan lagi,” ujar Menag, di Jakarta, Jumat (13/12) 

Terpisah, Ketua Tim Survei Prof Dr Adlin Sila menambahkan, indeks KUB yang disurvei Kemenag bertujuan untuk mengukur persepsi masyarakat tentang indikator-indikator kerukunan, yaitu: toleransi, kesetaraan, dan kerjasama. Sehingga, skor indeks tinggi atau rendah diperoleh dari kondisi psikososial masyarakat sebagai hasil dari realitas pengalaman sehari-hari dalam interaksi antar sesama pemeluk agama. 

"Skor indeks akan tinggi ketika masyarakat (responden) tidak ada sedikitpun resistensi pada konsep yang ditanyakan. Sebaliknya, indeks akan rendah ketika banyak masyarakat suatu daerah yang resisten atas item-item yang dipertanyakan," tuturnya. 

"Tidak ada satupun temuan indeks yang menyatakan ada daerah yang tidak rukun atau tidak toleran. Semua daerah rukun dan toleran," tandasnya.(p/ab)