Menag Buka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional 2016

By Admin

nusakini.com--Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sebagai wadah melakukan olah pikir dan kreativitas siswa dan siswi madrasah/ sekolah sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mampu dapat memgembangkan IPTEK, dan secara bersamaan mensinergikannya dengan IMTAQ. 

Kompetisi yang akan berlangsung sejak tanggal 23 hingga 27 Agustus 2016 dengan tagline Ilmu, Iman, Amal dibuka resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Pontianak Convention Center (PCC) Selasa (23/8) dan dihadiri oleh Gubernur Kalbar, Kakanwil Kemenag Prov Kalbar, Para Rektor Perguruan Tinggi di wilayah Kalbar. 

 Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KSM tahun ini juga menyertakan peserta tidak hanya dari Madrasah tetapi juga diikuti oleh sekolah-sekolah umum lainnya. Selain itu, materi yang dilombakan juga tidak hanya soal-soal mengenai sains tetapi juga soal-soal mengenai materi agama Islam. 

"Hal ini bertujuan agar setiap siswa tidak saja paham ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka juga harus paham dan menguasai ilmu agama Islam,"terang Dirjen Pendis dalam keterangan tertulisnya. 

Pada pembukaan KSM juga akan dilaksanakan peresmian MAN Insan Cendekia Sorong (Papua Barat), Kendari (Sultra),KotaPalu (Sulteng), Kota Batam (Kepri), Bengkulu Tengah (Bengkulu), Padang Pariaman (Sumbar), Tanah Laut (Kalsel), Sambas (Kalbar).(p/ab)