Menag Apresiasi Komitmen ASN Kemenag untuk Perubahan

By Admin

nusakini.com--Kementerian Agama adalah kementerian dengan satuan kerja terbesar, mencapai 4.557 satker. Tidak hanya di Indonesia, satker Kementerian Agama bahkan terbesar di dunia.  

Dengan ribuan satker, tentu tidak mudah melakukan perubahan. Ibarat kapal tanker, untuk melakukan perubahan arah saja membutuhkan putaran kendali yang berkali-kali. 

“Untuk melakukan perubahan di Kementerian Agama, tidak sederhana. Ibarat kapal tanker, besar bobotnya, jika ingin memutahkan arah, membutuhkan putaran kendali yang berkali-kali, tidak hanya puluhan, bahkan ratusan kali,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin saat membuka Entry Meeting Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah pada Kemenag, di Jakarta, Jumat (22/09). 

Meski demikian, lanjut Menag, tugasnya membawa perubahan di Kementerian Agama terbantu oleh komitmen aparatur sipil kementerian yang bermotto “Ikhlas Beramal” ini. 

“Cakupan kerja di Kemenag tidak sederhana, tidak mudah melakukan perubahan. Namun, saya bersyukur, dibantu ASN keluarga besar kemenag yang memiliki komitmen untuk melakukan perubahan itu,” kata Menag Lukman. 

Menurutnya, komitmen ASN menjadi modal besar dalam membangun, membuat perubahan, dan menjaga agar semangat perubahan it uterus menyala. “Di setiap mengawali acara, kita selalu meneriakkan lima nilai budaya kerja (integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan). Ini cara kita untuk mewujudkan dan mengejawantahkan dalam kehidupan kita,” tandas Menag. 

Menag mengakui kalau trend perubahan saat ini masih jauh dari harapan. Namun, setidaknya Kemenag sekarang sudah on the track. Hal ini salah satunya ditandai dengan indeks kepuasan jemaah haji yang terus mengalami kenaikan. Pada tahun 2014 indeks kepuasan haji sebesar 81 persen, tahun 2015 naik menjadi 82,67 persen, dan pada tahun 2016 menjadi 83,83 persen. 

“Pada tahun 2017 ini kita semua berharap indeks kepuasan haji mencapai 85 persen,” kata Menag. 

Tampak hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi Kemenpan-RB dan tim evaluator Kemenpan-RB, serta Pejabat eselon I, II, III dan staf Kementerian Agama.(p/ab)